Sabtu, 14 April 2012

Setengah Setan Setengah Malikat: Tauhid Iblis


Ada yang berpendapat kalau Iblis akan masuk surga dengan sebuah alasan :
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan yang kafir. (QS 2: 34)
Dalam ayat ini ada yang mentafsirkan kata “Sujud” sebagai makna “Menyembah” dan ada juga yang mentafsirkannya sebagai makna “Penghormatan”. Bagi yang memaknai sebagai “Menyembah” punya pemikiran bahwa nanti Iblis akan masuk Surga karena hanya mau sujud pada Allah.
Iblis terusir dari Surga karna sebuah pembangkangan.
Ia menentang dan tak rela sujud kpd Adam, manusia.
Iblis seribu kali lebih baik dr org yg lalai Shalat pd TUHAN.
Karna iblis enggan sujud pd Adam,
Manusia tdk bersujud pd TUHAN
~Sajak Persia Kuno~
jika kita berpikir dgn logika yg sama, maka benarlah jika Iblis akan masuk Surga, karna Iblis hanya mau sujud kepada ALLAH, tidak dengan Adam, bahkan dulu sebelum penciptaan Adam, iblis di juluki oleh para malaikat dg sebutan Al-Abid (Ahli Ibadah). Iblis mau Menyembah ALLAH.
tapi dalam kenyataannya itu hanyalah pendapat orang Filsafat yg “nganeh-nganehi” dalam artian golongan kiri. karena kenyataannya, Iblis tidak 100% menyembah ALLAH. karena ALLAh menyuruh Iblis untuk “sujud” (dalam artian penghormatan ataupun menyembah) itu tetap Perintah ALLAH yg patut untuk di Patuhi, tp Iblis enggan mematuhinya, shg bisa dibilang Iblis tidak 100% menyembah ALLAH.
Allah berfirman, ‘Hai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku? Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?’ Iblis berkata, ‘Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.’ Allah berfirman, ‘Maka keluarlah kamu dari surga, sesungguhnya kamu adalah orang yang diusir, sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai Hari Pembalasan.’
(Qs. 38 : 75-78)
Iblis berlaku sombong
“………..Sesungguhnya Allah tidak menyukai ORANG-ORANG yang sombong dan membangga-banggakan diri” (QS. 4:36).
“Lalu seluruh malaikat-malaikat itu sujud semuanya kecuali Iblis, dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk ORANG-ORANG yang kafir. (QS 38:73-74).
Itulah tauhid Iblis, dan mungkin aku “hampir” sama dengan Iblis sesuai pemikiran org filsafat golongan kiri tsb, yang mana menganggap iblis hanya mau menyembah ALLAH. tapi aku bilang “hampir” karena dalam kenyataannya aku memang hanya mau menyembah ALLAH, tp aku juga berusaha untuk Patuh kpd ALLAH.
Iblis enggan sujud kpd Adam karena dia merasa lebih hebat dari pada Adam, Dia merasa Adam tidak pantas untuk “dihormati”. walau itu perintah ALLAH, namun Iblis tetap memberontak.
ALLAH juga menyuruh kita untuk Patuh kpd Orang Tua, walau aku merasa aku Orang Tuaku “tidak” mengenalku, tapi aku tetap berusaha untuk tetap patuh kepada mereka, walau pada dasarnya setiap manusia, jg memiliki sifat pemberontak, tapi aku coba untuk mengekangnya.
Itulah mengapa aku adalah setengah Setan setengah Malaikat.
Aku hampir sama dengan Iblis, tapi aku tidak sama dengannya.
Aku juga bukanlah malaikat yg selalu patuh thd Perintah NYA, tp aku selalu berusaha untuk menjadi seperti “malaikat”.
Akulah manusia Setengah Setan Setengah malaikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar