Selasa, 17 April 2012

mengapa poligami diperbolehkan dalam Islam?


oleh: Dr Zakir naik 
Pertanyaan:
Mengapa orang yang diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu istri dalam Islam? yaitu mengapa poligami diperbolehkan dalam Islam?
Jawaban:
Definisi Poligami
1. Poligami adalah sistem pernikahan dimana satu orang memiliki lebih dari satu pasangan. Poligami bisa dari dua jenis. Salah satunya adalah poligami di mana seorang pria menikahi lebih dari satu wanita, dan yang lainnya poliandri, dimana seorang wanita menikah lebih dari satu orang. Dalam Islam, poligami terbatas diizinkan; sedangkan poliandri benar-benar dilarang.
Sekarang datang ke pertanyaan awal, mengapa orang diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu istri?

2. Alquran adalah Kitab Suci agama-satunya di dunia yang mengatakan, “menikah hanya satu”.
Al Qur’an adalah buku agama saja, di muka bumi ini, yang berisi ungkapan ‘menikah hanya satu’. Tidak ada buku agama lain yang menginstruksikan pria memiliki hanya satu istri. Dalam tidak ada tulisan suci agama lain, apakah itu Veda, yang Ramayana, yang Mahabharat, yang Geeta, Talmud atau Alkitab bisa menemukan pembatasan pada jumlah istri. Menurut salah satu tulisan suci ini bisa menikah sebanyak satu keinginan. Hanya kemudian, bahwa para imam Hindu dan Gereja Kristen membatasi jumlah istri satu.
Banyak tokoh agama Hindu, menurut tulisan suci mereka, memiliki banyak istri. Dashrat raja, ayah dari Rama, memiliki lebih dari satu istri. Krishna memiliki beberapa istri.
Pada jaman dulu, orang Kristen diizinkan banyak istri seperti yang mereka inginkan, karena Alkitab menempatkan batasan pada jumlah istri. Itu hanya beberapa abad yang lalu bahwa Gereja membatasi jumlah istri satu.
Poligami diijinkan dalam Yudaisme. Menurut hukum Talmud, Abraham memiliki tiga istri, dan Salomo memiliki ratusan istri. Praktek poligami terus sampai Rabbi Gershom ben Yehudah (95% untuk 1030 CE CE) mengeluarkan dekrit menentangnya. Masyarakat Sephardic Yahudi yang tinggal di negara-negara Muslim lanjutan praktek sampai hingga akhir tahun 1950, sampai suatu Undang-Undang Kepala kaum pendeta Yahudi Israel diperpanjang larangan menikahi lebih dari satu istri.

Hindu 3 lebih pelaku poligini dari Muslim
Laporan dari ‘Komite Status Wanita dalam Islam’, yang diterbitkan pada tahun 1975 menyebutkan pada nomor halaman 66 dan 67 bahwa persentase pernikahan poligami antara tahun 1951 dan 1961 adalah 5,06% di kalangan umat Hindu dan hanya 4,31% di kalangan umat Islam . Menurut hukum India hanya pria Muslim diijinkan untuk memiliki lebih dari satu istri. Ini adalah ilegal untuk non-Muslim di India untuk memiliki lebih dari satu istri. Meskipun hal itu menjadi ilegal, Hindu memiliki beberapa istri lebih dibandingkan dengan Muslim. Sebelumnya, ada pembatasan ada bahkan pada orang Hindu sehubungan dengan jumlah istri diperbolehkan. Barulah pada tahun 1954, ketika Undang-Undang Perkawinan Hindu disahkan menjadi ilegal untuk seorang Hindu untuk memiliki lebih dari satu istri. Pada saat itu adalah Undang-Undang India yang membatasi orang Hindu dari memiliki lebih dari satu istri dan bukan kitab Hindu.
Mari kita menganalisa mengapa Islam mengijinkan seorang pria untuk memiliki lebih dari satu istri.

4. Alquran izin poligami terbatas
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Al Qur’an adalah agama-satunya buku di muka bumi yang mengatakan “menikah hanya satu ‘. Konteks kalimat ini adalah ayat berikut ini dari Surah Nisa dari Alquran:
“Menikahlah perempuan pilihan Anda, dua, atau tiga, atau empat, jika kamu takut kamu akan tidak mampu menghadapi adil (dengan mereka), maka hanya satu. Tapi”
[Al-Qur'an 04:03]
Sebelum Al Qur’an diturunkan, tidak ada batas atas untuk dan banyak laki-laki poligami memiliki puluhan istri, beberapa bahkan ratusan. Islam menempatkan batas atas empat istri. Islam memberikan izin orang untuk menikah, tiga atau empat perempuan dua, hanya dengan syarat bahwa ia berurusan adil dengan mereka.
Dalam Surah yang sama yaitu Nisa ayat bab 129 mengatakan:
“Kamu tidak pernah bisa adil di antara perempuan ….”
[Al-Qur'an 4:129]
Oleh karena itu poligami bukan aturan tapi pengecualian. Banyak orang berada di bawah kesalahpahaman bahwa itu adalah wajib bagi seorang Muslim untuk memiliki lebih dari satu istri.
Secara umum, Islam memiliki lima kategori dari Do’s and Don’ts:
  1. ‘Yaitu wajib Fard’ atau wajib
  2. Mustahab ‘yaitu’ dianjurkan atau didorong
  3. ‘Mubah’ yaitu diperbolehkan atau diizinkan
  4. Makruh ‘yaitu’ tidak dianjurkan atau putus asa
  5. ‘Haraam’ yaitu dilarang atau dilarang
Poligami jatuh dalam kategori tengah hal-hal yang diperbolehkan. Tidak dapat dikatakan bahwa seorang Muslim yang memiliki, tiga atau empat istri dua adalah seorang Muslim yang lebih baik dibandingkan dengan seorang Muslim yang hanya memiliki satu istri.

kehidupan. Rata-rata span perempuan lebih daripada laki-laki
Secara alami laki-laki dan perempuan lahir di sekitar rasio yang sama. Seorang anak perempuan memiliki kekebalan lebih dari seorang anak laki-laki. Seorang anak perempuan bisa melawan kuman dan penyakit yang lebih baik daripada anak laki-laki. Untuk alasan ini, pada usia anak-anak itu sendiri ada lebih banyak kematian di antara laki-laki dibandingkan dengan perempuan.
Selama perang, ada lebih banyak orang terbunuh dibandingkan dengan wanita. Lebih banyak pria mati karena kecelakaan dan penyakit daripada wanita. Rentang hidup rata-rata perempuan lebih daripada laki-laki, dan pada setiap waktu orang menemukan lebih banyak janda di dunia daripada duda.

6. India memiliki lebih dari penduduk laki-laki karena perempuan untuk aborsi janin perempuan dan pembunuhan bayi
India adalah salah satu dari beberapa negara, bersama dengan negara-negara tetangga lain, di mana penduduk perempuan kurang dari penduduk laki-laki. Alasannya terletak pada tingginya tingkat pembunuhan bayi perempuan di India, dan fakta bahwa lebih dari satu juta janin perempuan digugurkan setiap tahun di negeri ini, setelah mereka diidentifikasi sebagai perempuan. Jika ini praktek kejahatan dihentikan, maka India juga akan memiliki banyak wanita dibandingkan dengan laki-laki.

perempuan penduduk Dunia. Adalah lebih dari penduduk laki-laki
Di Amerika Serikat, perempuan melebihi jumlah laki-laki sebesar 7,8 juta. New York sendiri memiliki satu juta lebih perempuan dibandingkan dengan jumlah laki-laki, dan dari penduduk laki-laki di New York satu-ketiga yaitu sodomi gay. Amerika Serikat secara keseluruhan memiliki lebih dari dua puluh lima juta gay. Ini berarti bahwa orang-orang ini tidak ingin menikah dengan wanita. Inggris memiliki empat juta lebih perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Jerman memiliki lima juta lebih perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Rusia memiliki sembilan juta lebih perempuan dibandingkan laki-laki. Tuhan saja yang tahu berapa juta wanita lebih banyak terdapat di seluruh dunia dibandingkan dengan pria.

8. Membatasi masing-masing dan setiap orang hanya memiliki satu istri tidak praktis
Bahkan jika setiap orang menikah dengan seorang wanita, masih akan ada lebih dari tiga puluh juta wanita di Amerika Serikat yang tidak akan bisa mendapatkan suami (mengingat bahwa Amerika telah dua puluh lima juta gay). Akan ada lebih dari empat juta wanita di Inggris, 5 juta perempuan di Jerman dan sembilan juta wanita di Rusia sendiri yang tidak akan dapat menemukan suami.
Misalkan adikku terjadi menjadi salah satu wanita yang belum menikah tinggal di AS, atau kira adik anda kebetulan berada salah satu wanita yang belum menikah di Amerika Serikat. Hanya dua opsi yang tersisa baginya adalah bahwa ia baik menikah dengan pria yang sudah memiliki istri atau menjadi milik umum. Tidak ada pilihan lain. Semua orang-orang yang rendah hati akan memilih untuk pertama kalinya.
Dalam masyarakat Barat, adalah umum bagi seorang pria untuk memiliki gundik dan / atau urusan luar nikah banyak, dalam hal ini, wanita itu memimpin terlindungi, kehidupan tercela. Masyarakat yang sama, bagaimanapun, tidak dapat menerima seorang pria memiliki lebih dari satu istri, di mana perempuan tetap terhormat mereka, posisi bermartabat dalam masyarakat dan menjalani hidup yang dilindungi.
Dengan demikian hanya dua pilihan sebelum seorang wanita yang tidak dapat menemukan seorang suami adalah untuk menikah dengan pria yang sudah menikah atau menjadi milik umum. Islam lebih suka memberi perempuan posisi terhormat dengan mengijinkan pilihan pertama dan pelarangan yang kedua.
Ada beberapa alasan lain, mengapa Islam telah diizinkan poligami terbatas, tetapi terutama untuk melindungi kesopanan perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar